Jadwal Operasional (Senin - Sabtu) Ketahui Lebih Lanjut!
search

Ketahui Lebih Dini ! 10 Tanda Awal Kucing Yang Terkena FIP

Ketahui Lebih Dini ! 10 Tanda Awal Kucing Yang Terkena FIP

FIP (Feline Infectious Peritonitis) atau biasa kita sebut dengan peritonitis menular kucing adalah penyakit mematikan yang dapat diderita oleh semua kucing dan juga anak kucing. Dengan adanya GS-441524 dari Basmi FIP, kini  pemilik kucing tidak perlu khawatir karena penyakit FIP dapat disembuhkan hingga kucing pulih kembali.

Akan tetapi masih sering terjadi di Indonesia kucing yang tidak selamat dari FIP karena telatnya diagnosis pada kucing penderita FIP itu sendiri sehingga kucing telat diberikan pengobatan. Untuk menghindari terlambatnya penanganan pada kucing FIP maka kita selaku pemilik kucing harus  mengetahui apa saja gejala awal yang muncul pada kucing FIP. Kucing yang terjangkit FIP akan menunjukan beberapa gejala, antara lain adalah sebagai berikut:⁣

  1. Hilangnya Nafsu Makan
    Kucing yang terkena FIP akan Kehilangan selera makan hingga menyebabkan kehilangan berat badan.

  2. Pembesaran Perut yang Tidak Lazim.
    Pembesaran perut yang tidak lazim ini akibat penumpukan cairan pada area perut kucing yang mengidap FIP Basah. Perlu diketahui bahwa tidak semua kucing FIP mengalami gejala pembesaran perut dan biasanya terjadi pada kucing yang terkena FIP jenis kering.

  3. Gejala Ocular
    Gejala ini akan tampak pada mata. Salah satunya berupa perubahan warna pada bola mata kucing seperti tidak biasanya.

  4. Anemia
    Hal ini harus kita lihat dari hasil pemeriksaan darah hematologi yang dilakukan pada kucing.

  5. Penyakit Kuning
    Ini dapat kita amati pada tubuh kucing seperti pada gusi, telinga, hidung, telapak tangan dan juga bola mata yang mengalami perubahan warna menjadi kuning.

  6. Inkoordinasi Badan
    Inkoordinasi badan pada kucing harus kita waspadai karena itu menandakan bahwa virud FIP sudah memasuki sistem syaraf pada kucing. Ini dapat kita lihat dari kucing yang susah mengontrol anggota tubuhnya untuk bergerak. Seperti kucing terlihat mulai susah untuk berjalan atau kucing mulai mengalami kejang ringan hingga berat.

  7. Stres
    Jika kucing anda mengalami stres ini bisa menjadi salah satu faktor yang dapat kita amati pada kucing. Seperti berperilaku di luar kebiasaanya itu dapat menandakan kucing mengalami stres.

  8. Tampak Lesu
    Kucing terlihat tidak seaktif biasanya. Kondisi kucing terlihat lemas ataupun lesu dapat terlihat meskipun karakter dari kucing kita bukanlah tipe kucing yang agresif.

  9. Masalah Saluran Kemih
    Kucing terlihat mulai jarang buang air kecil (BAK) seperti biasanya.

  10. Demam
    Hal ini dapat kamu ketahui pasti dengan segera berkunjung ke dokter hewan terdekat.


10 gejala diatas tidak bisa dijadikan faktor mutlak untuk menentukan apakah kucing anda terkena FIP atau tidak. Bagaimanapun jika kucing anda mengalami gejala seperti di atas segera bawa ke dokter hewan terdekat. Selanjutnya, jika kucing mengalami gejala di atas maka kita bisa melakukan beberapa test untuk memastikan lebih lanjut apakah kucing positif FIP atau tidak. 

Kamu juga bisa hubungi kami untuk konsultasi gratis mengenai FIP melalui WhatsApp kami di +62-853-6382-7766.



Posting lama Posting terbaru

Keranjang anda saat ini kosong.
Lanjutkan belanja